Senin, 20 Juli 2020

9 Efek Yang Ditimbulkan Jika Kurang Mengkonsumsi Sayuran

Sayuran merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Walau begitu, tidak semua orang mau dan memiliki kesukaan untuk mengonsumsi sayur ini. Sayur memiliki kandungan tinggi vitamin, mineral, antioksidan, dan serat di dalamnya. Semua kandungan tersebut diperlukan oleh tubuh untuk berfungsi dengan baik sembari mencegah penyakit kronis.
9 Efek Yang Ditimbulkan Jika Kurang Mengkonsumsi Sayuran
Sebagai contoh, kandungan serat dalam sayur bisa sangat membantu dalam pencernaan dan kenyang. Sejumlah sayuran lain juga memiliki manfaat yang sangat berbeda-beda dan tak bisa disepelekan. Kurangnya konsumsi sayuran ini bisa membuat masalah terjadi pada tubuh. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah tanda yang bakal ditunjukkan oleh tubuh ketika kurang mengonsumsi sayur.


Mood yang Buruk

Kurang konsumsi sayuran dan terlalu banyak makanan tinggi lemak dan karbohidrat serta makanan olahan bisa menyebabkan mood yang memburuk. Hal ini membuat tekanan energi muncul dengan cepat namun kemudian disertai rasa lelah, mengantuk, serta perubahan mood yang mendadak.

Mudah Lapar

Sayur memiliki kandungan serat di dalamnya yang membuat seseorang menjadi kenyang lebih lama serta tenaga tetap terjaga. Kurangnya konsumsi sayuran ini bisa membuat seseorang mudah merasa lapar serta kurang tenaga.

Kondisi Kulit Memburuk

Sayuran memiliki kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas yang bisa berdampak buruk bagi tekstur kulit. Selain itu, sayuran juga memiliki kadar air yang tinggi dan memenuhi kebutuhan seseorang.

Rentan Kram Otot

Kandungan potasium di dalam sayuran sangat dibutuhkan untuk kerja otot. Ketika kandungan potasium di dalam tubuh rendah, otot bakal lebih mudah mengalami kram dan kejang karena kandungan darah dalam tubuh yang rendah.

Konstipasi

Kandungan serat di dalam sayuran juga bermanfaat untuk melancarkan pencarnaan tubuh. Kurang mengonsumsi serat bisa menyebabkan kamu lebih sulit dalam buang air besar serta mengalami konstipasi. Oleh karena itu, konsumsi sayur yang diimbangi dengan cukup air sangat penting demi manfaat ini.

Stres

Kandungan magnesium yang ada di sayuran membantu menurunkan dan mencegah terjadinya rasa stres serta kecemasan. Oleh karena itu, jangan sampai terlewat mengonsumsi sayuran kaya magnesium seperti bayam.

Mudah Lelah

Konsumsi makanan olahan serta kurang sayur juga bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah. Hal ini terutama terjadi ketika konsumsi gula terlalu tinggi sehingga energi di dalam tubuh tidak dapat tersimpan dan malah terbuang.

Pandangan Memburam

Sayuran kaya vitamin A seperti wortel bisa bermanfaat terhadap pengelihatan. Kurang konsumsi sayuran ini bisa menyebabkan pandangan jadi memburam dan bahkan bisa menyebabkan sejumlah masalah di mata yang bisa berujung kebutaan.

Masalah Berat Badan

Untuk menjaga berat badan sehat atau menurunkannya, konsumsi merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Pada seseorang yang tidak mengonsumsi sayur, mereka cenderung menggantinya dengan makanan tinggi kalori sehingga upaya untuk menurunkan berat badan jadi terkendala.

Sejumlah masalah tersebut bakal dialami ketika kurang mengonsumsi sayuran. Mengingat manfaat dari makanan ini, sangat penting untuk mengonsumsinya secara seimbang dan dalam jumlah yang tepat.