Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kupang: Eksotika Tenggara Indonesia

Kupang adalah ibukota provinsi Nusa Tenggara Timur, yang terletak di Teluk Kupang, Pulau Timor. Kota ini merupakan pintu gerbang tenggara Indonesia, karena jaraknya lebih dekat dengan Dili, Timor Leste dan Darwin, Australia daripada ke Jakarta.

Dari Jakarta, Anda harus melalui perjalanan yang cukup panjang untuk bisa sampai ke Kupang. Ada beberapa maskapai yang melayani rute penerbangan ke Kupang (via Denpasar), di antaranya Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan Merpati Airlines. Perjalanan Jakarta-Denpasar ditempuh dalam waktu 90 menit. Pesawat akan transit selama 30 menit di Bandara Ngurah Rai, Bali, sebelum melanjutkan perjalanan selama 50 menit ke Kupang.

Begitu mendarat di Bandara El Tari, Kupang, Anda akan disambut dengan wajah-wajah ramah khas Indonesia Tengah yang menawarkan Anda jasa transportasi maupun penginapan. Tidak sulit mencari informasi penginapan murah di sekitar bandara.

Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah hotel Le Detadu di Jalan Matahari, Penfui, yang jaraknya <2km dari bandara. Dengan harga kamar Rp250.000, kita sudah bisa menikmati sebuah kamar yang nyaman, dengan lemari, kasur, kamar mandi, dan pendingin ruangan.

Transportasi di Kupang juga tidak sulit. Anda bisa meminta tolong kepada petugas hotel untuk memanggilkan taksi atau ojek. Selain itu, ada pula angkutan kota khas Kupang yang disebut “bemo” yang dikenal seperti diskotek berjalan. Orang-orang di sini sangat suka bernyanyi jadi tak heran kalau angkutan umumnya pun memasang speaker besar dan menyetel musik keras-keras. Kalau mau turun, pencet tombol. Ongkosnya jauh-dekat sama saja, Rp2.000.

Para pelancong umumnya menjadikan Kupang sebagai lokasi transit sebelum menjelajah tempat-tempat eksotis lain di penjuru Nusa Tenggara Timur, seperti keindahan pulau-pulau kecil di Rote, wisata laut di Alor, pegunungan dan pantai-pantai indah di Flores, desa-desa bersejarah di Sumba, hingga perkampungan unik di Labuan Bajo.

Namun jangan salah, banyak objek wisata yang bisa Anda kunjungi selama berada di Kupang. Rugi besar jika selama di Kupang Anda hanya diam di kamar hotel. Cobalah berjalan-jalan dan cari informasi dari warga sekitar tentang tempat-tempat wisata terdekat yang bisa Anda kunjungi.

Pantai Lasiana

Beberapa pantai indah yang tak jauh dari Kota Kupang di antaranya adalah Pantai Lasiana, Pantai Kelapa Lima, Pantai Pasir Panjang, dan Pantai Namosain. Setiap pantai memiliki pesonanya tersendiri. Di Tenau, 12 km dari pusat kota Kupang juga terdapat Taman Wisata Goa Monyet, di mana Anda bisa menyaksikan tingkah monyet-monyet liar penghuni goa.

Untuk Anda yang mencari kesejukan di tengah teriknya Kota Kupang, Anda bisa menuju ke air terjun Oenesu yang sudah terkenal. Jaraknya hanya ±17 km dari pusat kota, dan dapat diakses dengan berbagai transportasi umum. Ada pula wisata pemancingan di Danau Tuadale yang terletak di Silu Kecamatan Kupang Barat berjarak ± 25 km dari ibu kota kabupaten.

Berwisata kuliner di Kota Kupang juga tak kalah serunya. Karena Kupang adalah kota yang dikelilingi pantai, maka tak heran jika seafood menjadi buruan utama para pelancong. Anda bisa menikmati aneka santapan laut dengan harga murah di pinggir-pinggir pantai. Lengkap dengan sambal matah khas Kupang yang asam-asam segar.

Bagi Anda penggemar daging, jangan melewatkan hidangan khas Kupang, yakni daging Se’i. Kuliner ini adalah daging yang diiris tipis-memanjang, dibumbui dengan bumbu madu, lalu diasapi selama 5-9 jam hingga bumbunya meresap. Biasanya, Se’i terbuat dari daging sapi, babi atau rusa.

Masih banyak pesona Kupang yang belum terekspos. Maka jangan ragu untuk datang, bukan untuk sekadar transit. Cobalah bermalam dan jelajahi segala eksotisme Kupang!